Analisa Jurnal OPTIMASI PROSES RENDERING OBJEK GAME 3D MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN CUDA PADA GAME SANDBOX CRAFT


Nama : Anis marifatul
             Riezka Yunistika

Judul Jurnal :
OPTIMASI PROSES RENDERING OBJEK GAME 3D MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN CUDA PADA GAME SANDBOX CRAFT

Latar belakang :
Kemajuan dalam pengembangan game khususnya 3D game menumbuhkan perasaan immersive yang lebih nyata. Namun, hal tersebut membutuhkan pengolahan resource yang sangat banyak dan cepat. Kerja Central Processing Unit (CPU) sendiri saja tidak cukup. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya pengelola resource tambahan yang dapat digunakan untuk mempercepat proses.

Tujuan penelitian :
Penelitian ini membahas tentang bagaimana Graphics Processing Unit (GPU) dapat melakukan optimasi kerja CPU dalam memproses resource yang sangat banyak.

Motodelogi penelitian :
Metode yang dibahas pada penelitian ini adalah shared memory. Shared memory memungkinkan CPU dan GPU untuk berbagi resource yang diproses. Game yang dianalisis pada penelitian ini adalah Craft, yaitu game yang memiliki tipe permainan sandbox layaknya Minecraft. Hasil yang didapatkan membuktikan bahwa metode shared memory dapat melakukan optimasi dari game yang membutuhkan pengolahan resource yang banyak dengan cepat.
Pemrograman GPU dengan Nvidia CUDA seperti pada memiliki tujuan tidak hanya untuk mengolah grafis melainkan juga dapat untuk tujuan umum, misal komputasi ilmiah menggunakan machine learning dan rekayasa lainnya pada game development, dan sebagainya. dengan framework tertentu, misal CUDA.
CUDA adalah sebuah API yang dikembangkan oleh Nvidia yang digunakan untuk melakukan suatu komputasi yang dapat berjalan secara paralel atau dengan kata lain secara bersama-sama. Para developer dapat menggunakan CUDA untuk pemrosesan tujuan umum atau disebut dengan pendekatan GPGPU (komputasi General-purpose on GPU). Platform CUDA merupakan lapisan akses pada perangkat lunak atau software yang memberikan langsung ke set instruksi virtual GPU untuk kernel sebagai pelaksana penghitungan.

Hasil penelitian
Hasil proses ketika running program ketika dijalankan sekilas dari segi tampilan tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun secara detail, nantinya akan dibandingkan pada proses pengujian dan analisis bagaimana visualisasi kinerjanya CPU, tanpa menggunakan CUDA dan dengan menggunakan CUDA.

Kelebihan dan kekurangan  penelitian
Implementasi pada penelitian ini berhasil dilakukan dengan pengujian yang menunjukan bahwa komputasi GPU terbukti hanya menggunakan resource lebih rendah dibandingkan dengan CPU. Game sandbox ini berhasil berjalan sesuai dengan optimasi yang diharapkan. Pada pengujian dapat diihat bahwa clock speed yang digunakan pada GPU jauh lebih rendah dibandingkan yang digunakan pada CPU hingga 34%. Tingkat kerendahan tersebut cukup besar dalam hasil optimasi game sandbox ini.

Penelitian ini baru merubah salah satu dari fungsi yang ada pada game untuk dioptimasi dengan menggunakan pemrograman GPU CUDA, yang mana masih terdapat banyak fungsi lain yang dapat di panggil dalam device GPU. Penulis menyarankan agar fungsi-fungsi lainnya juga dilakukan optimasi agar mendapatkan performa yang lebih baik, serta dalam penggunaan CUDA dapat dirubah menjadi OpenCL agar permainan ini tidak hanya dapat dioptimasi pada kartu grafis Nvidia.












Komentar

Postingan Populer